Senin, 03 November 2008

Narasi Persebaran Tumbuhan Di Muka Bumi

Bioma yaitu daerah habitat yang meliputi skala yang luas. Bioma dapat diartikan sebagai macam komunitas utama pada sutu daerah yang dapat dikenal berdasarkan fisiognomi (kenampakan). Sifat dan karakteristik suatu bioma merupakan fungsi iklim (suhu, curah hujan, cahaya dan tanah).
Bioma-bioma umumnya ditentukan oleh fegetasi atau tumbuhan yang dominan. Hal ini cebderung mencerminkan iklim yang umum dari area tersebut. Ada berbagai macam bioma di dunia, yaitu gurun, padang rumput, hutan hujan tropis, hutan gugur, savana, hutan musim, hutan lumut, hutan taiga, hutan tundra, dan hutan bakau.
Mcam-macam bioma :
1. Gurun (Padang Pasir), bioma ini terdapat di Afrika, Amerika, Australia, dan Cina.
2. Padang Rumput, membentang mulai dari daerah tropis, sampai dengan daerah yang beriklim sedang, seperti Hongaria, Rusia Selatan. Asia Tengah, Amerika Selatan, dan Australia.
3. Hutan Hujan Tropis, terdapat di daerah tropis dan subtropis, contoh di Amerika Selatan (Brazil), Asia (termasuk Indonesia), dan Afrika.
4. Hutan Gugur (Decidous Forest), bioma ini terdapat di Amerika Serikat, Asia Timur, Eropa Barat, dan Chili.
5. Savana, terdapat di katulistiwa, berkembang dengan baik di Afrika dan Amerika Selatan. Savana terdapat juga di India, Asia Selatan, Australia dan Indonesia (Irian, NTT, dan NTB).
6. Hutan Musim, Bioma ini terdapat di daerah tropis. Selain hutan tropis, terdapat pula hutan musim.
7. Hutan Lumut, hutan lumut banyak ditemukan di lereng gunung atau pegunungan yang terletak pada ketinggian di atas batas ketinggian kondensasi uap air.
8. Hutan Taiga/Hutan Homogen, kebanyakan terdapat di daerah antara subtropis dengan di daerah kutub, seperti di daerah Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, dan Kanada.
9. Hutan Tundra, bioma ini terletak di kawasan kutub utara sehingga iklimnya adalah iklim kutub.
10. Hutan Bakau/hutan Mangrove, Hutan Bakau/Hutan Mangrove banyak ditemukan disepanjang pantai yang landai di daerah tropis dan subtropis.

Tidak ada komentar: